الجمعة، 15 مارس 2013

Pengertian WWW atau pengertian world wide web banyak disalahfahami. Benar ia adalah singkatan dari World Wide Webatau jaringan internet se-dunia. Namun, ia sebenarnya adalah nama dari sebuah browser pertama yang diciptakan oleh Berners Lee pada thun 1990. Bukan nama dari jaringan internet terintegrasi, atau sebuah alamat domain sebagaimana yang banyak difahami orang. Hanya saja karena tanpa browser itu, koneksi antar manusia via internet tidak akan pernah terjadi, maka pengertian salah di atas ada benarnya juga.
Sejarah WWW
Semuanya bermula pada tahun 1989, dimana seorang fisikawan Tim Berners Lee mengajukan proposal pada CERN (sebuah organisasi penelitian nuklir Eropa) tentang bagaimana informasi dapat ditransfer begitu mudahnya ke seluruh dunia menggunakan kombinasi antara komputer, internet dan hypertext.
Hypertext inilah yang kemudian menjadi dasar bagi Barners Lee untuk menciptakan browser World Wide Web (WWW).. Alamat web pertama di dunia adalah http://info.cern.ch/hypertext/WWW/TheProject.html, yang berisikan tentang proyek WWW.

Namun WWW bukanlah browser yang universal, yang dapat dengan mudahnya digunakan di sembarang komputer dan dioperasikan oleh semua orang. Maka pada musim panas 1991 uji coba dilakukan pada sebuah browser yang disebut Universal line mode browser. Tahun yang sama dengan kemunculan server baru, masih di benua Eropa.
Sedang server pertama di luar Eropa adalah di Amerika Serikat, yakni SLAC (Stanford Linear Accelerator Center). Tahun 1992 telah ada 26 server di seluruh dunia, dan oktober 1993 telah terdapat 200 server. Sedang hari ini diperkirakan terdapat lebih 80 juta website dengan jumlah server yang entah.
Tapi internet baru dapat digunakan di PC (Private Computer) mulai Februari 1993 ketika the National Center for Supercomputing Applications (NCSA) di Universitas Illinois (AS) meluncurkan versi pertama dari Mosaic Browser.
Pada bulan Mei 1994 konfrensi World Wide Web (www) internasional pertama diadakan yang dikomandoi oleh Robert Cailliau di CERN. Meski sejak 1993 CERN telah sepakat bahwa semua orang dapat menggunakan protokol web berikut kode pemogramannya secara gratis.
Pada September 1994 Barners Lee mendirikan World wide Web Consortium (W3C) di MIT. Ia telah membuat Web tersedia secara gratis tanpa hak paten atau royalti.

ليست هناك تعليقات:

إرسال تعليق